Penerapan Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis
Semua bisnis pada dasarnya memerlukan penerapan perencanaan
pemasaran. Sebab tanpa itu Anda tak akan dapat melihat apakah bisnis Anda
sedang merugi atau berkembang secara menguntungkan.
Tak hanya bisnis di dunia nyata, yang memerlukan kerja yang
cermat dan teliti, tapi juga bisnis di dunia maya atau yang lebih dikenal
sebagai bisnis online.
Dalam dunia online atau jagad maya, penerapan manajemen
pemasaran dianggap penting sebab di bisnis online juga dilibatkan strategi
pemasaran yang bersifat abstrak dalam dunia maya. Artinya dalam dunia online
manajemen pemasaran memanfaatkan penerapan kaidah-kaidah manajemen agar dapat
mengelola semua kegiatan pemasaran yang terkait dengan pengadaan produk yang
selanjutnya didistribusikan lewat beberapa media sosial.
Secara khusus dapat dikatakan bahwa Manajemen Pemasaran di
Bisnis Online adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam kaitannya untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui media internet.
Secara garis
besar strategi pemasaran online dapat dibagi menjadi 6 langkah, yang bisa
disingkat menjadi SISTEM:
a. S-Search and research
Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan
kompetitor yang ada.
b. I-Initiate strategy
Tentukan sistem dan strategi yang akan dipergunakan untuk
menjangkau prospek dan pelanggan.
c. S-Start content engine
Pergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis
yang ditawarkan.
d. T-Traffic
Mendatangkan pengunjung ke situs bisnis yang ditawarkan.
e. E–Embrace relationship.
Bina hubungan dengan pelanggan melalui ber- bagai kanal.
f. M–Money
Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan. Berikut
penjelasan langkah demi langkah termasuk beberapa sumber daya yang dapat
dipergunakan bila ingin menggali lebih dalam.
a. S - Search and Research
Memiliki toko online tanpa mengerti untuk apa toko itu
dipakai tidak akan banyak bermanfaat. Mengapa? Karena kompetitor segera akan
menjadi lawan yang pelik dengan persaingan yang tinggi. Metode terbaik untuk
sukses dalam suatu ceruk pasar adalah melakukan riset dengan harapan:
- Bisa menemukan prospek dan pembeli yang tertarik dengan produk maupun jasa yang di tawarkan.
- Dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk pengetahuan maupun layanan.
- Dengan efisien dapat menjangkau pasar atau bekerjasama dengan pemain yang ada.Banyak sekali cara seorang marketer dapat mendapatkan pelanggan dari dunia maya. Ada yang memilih memakai jalan pintas dengan membeli iklan di situs-situs yang ramai pengunjung atau dari mesin pencari.
Cara yang mudah untuk mendapatkan pelanggan yaitu dengan
membuka toko di Mall Online karena dengan membuka toko di Mall Online potensi
pembeli yang berkunjung ke took online lebih banyak dari pada membuka sebuah
toko online sendiri.
b. I – Initiate Strategy
Situs web atau membuka toko online merupakan bagian
terpenting dalam strategi pemasaran online. Banyak situs web yang menyediakan
sarana buka toko yang gratis yang bisa di manfaatkan. Selain fitur gratis yang
diberikan oleh penyedia web tentu biasanya ada juga fitur premium atau berbayar.
Untuk memperoleh peluang lebih besar mendapatkan pengunjung
atau calon pembeli produk barang atau jasa, bisa mencoba dengan bergabung
dengan fitur premium tersebut, tentu
banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh dari pada menjadi reguler
member karena akan mendapatkan prioritas-prioritas dari web penyedia Toko
Online tersebut.
c. S – Start Content Engine
Konten masih merupakan materi penting dalam strategi
pemasaran online. Mengapa? Karena semua orang ketika berselancar di dunia maya,
mereka mencari konten dalam satu bentuk atau lainnya. Strategi membuat konten
tidak serumit yang dibayangkan kebanyakan orang.
Dengan cara yang benar, juga dapat memenuhi situs dengan
konten yang diinginkan pemirsa. Hal ini memungkinkan terjadinya penjualan tanpa harus menjual. Suatu konsep
yang mungkin kontroversial karena pelanggan dan klien yang datang mencari,
dan bukan sebaliknya. Strategi pemasaran
Internet ini dinamakan content marketing. Penulisan judul dan deskripsi produk
juga termasuk Content Marketing.
d. T – Traffic
Beberapa strategi yang populer untuk meningkatkan traffic :
Search Engine Optimization (SEO)Ilmu, teknik dan proses
memposisikan halaman situs web di posisi yang tinggi di halaman pencarian untuk
kata kunci yang dipakai prospek dan pelanggan.
Pay per click (PPC) atau bayar/biaya per klik.Sistem periklanan yang diterapkan di Google salah
satunya, di mana setiap kali iklan diklik, harus membayar sejumlah uang.
Strategi ini bekerja dengan baik untuk eksperimen dan jika telah memiliki proses penjualan yang baik.
Media Buying.Meliputi pembelian iklan untuk ditampilkan
pada berbagai situs. Strategi ini dapat dikombinasikan
sekaligus dengan teknik pemasaran di dunia nyata dalam bentuk pembelian iklan
di radio, televisi dan media cetak.
Social MediaStrategi ini naik daun pada beberapa tahun belakangan ini. Pada dasarnya ia meliputi
interaksi langsung dengan pemirsa, prospek dan konsumen di situs media sosial.
Email MarketingMempergunakan email sebagai sarana komunikasi
menjangkau pemirsa. Dengan konten yang baik akan dapat menarik pengunjung
kembali ke situs berulang kali.
E – Embrace relationship
Sebagaimana indahnya situs yang dibuat tidak akan mengubah
kenyataan bahwa sebagian orang tidak akan membeli pada saat kunjungan pertama.
Mungkin mereka beluma yakin. Prospek yang diharapkan mungkin ingin mencari
informasi dari situs lain. Atau mereka masih dalam tahap perencanaan sehingga
pilihan belum diputuskan.
Itulah sebabnya diperlukan suatu metode agar dapat merangkul
dan menuntun mereka melalui suatu proses. Jika dapat membuktikan bahwa situs
memahami apa yang mereka lalui, mendemonstrasikan bahwa situs sanggup membantu mereka atau
memiliki tawaran terbaik yang mereka cari, maka pada saat mereka siap nantinya…
dapat di tebak siapa yang mereka ingat.
Dan tebak ke mana uang mereka akan mengalir?
Website tidak dapat melakukan semua tugas dengan baik. Oleh
sebab itu dibutuhkan email sebagai sarana komunikasi. Ada sistem yang
mengizinkan untuk mengumpulkan nama dan alamat email prospek dan mengirimkan
mereka informasi-informasi dengan teratur. Jadi tidak perlu kuatir bila suatu
saat akan memiliki seratus ribu bahkan sejuta orang dalam daftar prospek,
semuanya dapat ditangani dengan sistematis.
Alternatif sarana yang dapat digunakan untuk membangun
hubungan dengan prospek adalah media sosial. Di Facebook, dapat berkomunikasi secara hamper real-time dengan
mereka, berinteraksi, meminta pendapat, memberikan tips dan bahkan mengirimkan
promosi dan informasi produk baru. Kedua teknik di atas sangat berbeda implementasinya, tapi inti
pemakaiannya sama.
Bila belum yakin harus dengan strategi ini, ketahuilah bahwa
biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru sampai lima kali dari
biaya untuk mendapatkan penjualan dari pelanggan yang telah ada. Pelanggan yang
pernah membeli selalu akan mengingat selagi ada kesempatan, bila pengalaman
yang diberikan baik. Email dan media sosial adalah dua sarana ataupun kanal
yang juga dapat di pergunakan untuk tujuan ini.
f. M – Money
Semua langkah di atas tujuannya adalah mendatangkan
pendapatan yang menguntungkan. Semua proses di atas harus di lalui bila ingin sampai
pada tahap ini. Uang tidak akan berpindah tangan kecuali dapat mencari
pelanggan dan memberikan sesuatu yang bernilai sebagai gantinya. Setelah
memiliki pengunjung dan menghasilkan penjualan, salah satu langkah yang harus
di lakukan adalah optimasi proses sehingga taraf konversi seseorang dari
pengunjung ke prospek dan prospek ke pelanggan semakin tinggi. Jika awalnya
dari 200 orang 1 membeli dan Anda meningkatkannya 1 pembeli setiap 100 orang,
maka teorinya, keuntungan di dapat berlipat ganda.
Jadi, sampai ke langkah ini
bukan berarti akhir dari semuanya. Seperti halnya bisnis, semua merupakan
proses yang terus dilakukan, dan berpotensi dikembangkan dan dimajukan.
Itulah penerapan manajemen pemasaran di dunia online, semoga
bermanfaat :)
Posting Komentar untuk "Penerapan Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis"