5 Strategi Pemasaran Terbaru di Bisnis Online
Aktivitas online
menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat
dunia, termasuk di Indonesia. Melihat kondisi itu, para pebisnis mau tak mau
harus mengikuti jejak gaya hidup masyarakat modern, agar pangsa pasar yang
mereka kuasai tetap bertahan, atau bahkan bertambah. Saat ini, dalam pemasaran
di dunia maya, setidaknya ada enam jenis strategi marketing yang banyak
dilakukan oleh para pebisnis untuk meraih konsumen, yaitu:
1.
Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
2.
Mobile Marketing
Salah
satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile
Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada
calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile,
seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website
bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut
data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk
lewat ponsel mencapai 30-40%.
3.
Continuous Marketing
Jejaring
sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan
Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam
jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya
menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan
lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4.
Integrated Digital Marketing
Integrated
digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan
segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk
memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media
sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau
konsumen yang bervariatif.
5.
Visual Marketing
Kata
pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan
bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan.
Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat
adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan
lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu
prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
6.
Personalized Marketing
Personalized
Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah
strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah
unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis
e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah
situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda
untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur,
gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih
tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus
dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses
menerapkan strategi Personalized Marketing
Menurut saya ini sangat luar biasa jika dilakukan secara sungguh-sungguh, karena kalau tidak bisa memberikan dampak buruk bagi pengguna itu sendiri.
BalasHapusPemasaran digital merupakan komponen penting dari strategi pemasaran perusahaan. Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan pesan agar dapat menjangkau audiens tertentu untuk memasarkan secara langsung kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan suatu produk.
Salam Sukses Selalu
Blog Pendidikan Anak Indonesia