Cara Menyusun Strategi Pemasaran Digital atau Digital Marketing Strategy
Saat ini, untuk menjadi sukses bukan lagi hanya
mimpi. Perkembangan teknologi sudah mendukung sukses Anda.
Anda bisa melakukan bisnis bahkan dari rumah.
Modalnya tentu saja skill dan pemanfaatan teknologi. Dunia digital dengan
adanya internet saat ini adalah media yang bisa kita manfaatkan terutama dalam
berbisnis. Banyak peluang yang internet tawarkan untuk menunjang kesuksesan
bisnis.
Salah satunya dalam marketing atau pemasaran. Solusi
pemasaran yang satu ini merupakan modal dalam mencapai kesuksesan bisnis karena
pemasaran secara tradisional lingkupnya tidak lagi seluas internet.
Namun, tentu saja dalam pemasaran secara digital ini
ada strategi khusus yang harus dipakai agar pemasaran berjalan lancar. Jadi,
konsep pun perlu diketahui sebagai faktor atau kategori yang akan menjadi
pengembangnya. Konsep dalam digital marketing ada tiga, mulai dari konten
marketing, search engine marketing, dan sosial media strategi.
Ketiga konsep ini akan menjadi bekal yang membuat
Anda mampu bersaing untuk berhasil di era digital saat ini. Anda akan merasakan
bagaimana target pasar yang sudah Anda bidik tercapai dengan hasil yang lebih
baik, lebih efisien, dengan sales atau penjualan yang mengalami peningkatan.
revisi banner Slide Pemasaran
Secara tradisional atau konvensional, pemasaran atau
marketing biasanya melalui brosur, poster, atau leaflet yang disebar. Lebih
besar lagi melalui billboard dan iklan di media cetak yang didukung dengan
telemarketing menggunakan telepon. Sangat berbeda dengan digital marketing.
Lebih luas jangkauan ke seluruh dunia dengan satu media internet. Anda tidak
perlu menyebar atau menaruh iklan dimana-mana. Cukup menaruhnya di website atau
jejaring social. Tanpa modal yang besar jangkauan pasar Anda lebih besar.
Menggunakan digital marketing juga akan membuat Anda
lebih leluasa dengan banyaknya waktu yang tersedia. Selain waktu yang tersedia
banyak bagi Anda, penjualan yang Anda lakukan pun lebih tepat waktu karena
disini para target pasar yang akan mencari produk Anda dengan sendirinya ketika
mereka butuh. Bukan seperti pemasaran konvensional yang terkadang menawarkan
produk tidak tepat waktu yang membuat target pasar merasa jengkel dan
terganggu. Selain itu lebih peduli lingkungan dengan tidak menghamburkan kertas
yang dibagikan yang sering kali ujung-ujungnya di buang. Sementara sarana
promosi di internet tidak memerlukan kertas dan lebih abadi sifatnya.
Sementara, untuk menunjang suksesnya digital
marketing Anda, Anda harus menguasai metode atau strateginya.
Pertama, Search and research. Anda disini harus
melakukan pencarian serta penelitian mengenai target pasar dan saingan atau
kompetitornya. Saat ini persaingan di internet tidak main-main. Jika Anda tidak
melakukan strategi ini dulu, maka pemasaran yang akan Anda lakukan akan
sia-sia.
revisi banner KPI Pemasaran
Jadi, mulailah tentukan target pasar dengan
menentukan siapa kira-kira yang akan tertarik pada produk Anda, prospeknya
bagaimana. Berikan nilai tambah berupa layanan maupun pengetahuan dalam konten
yang Anda sediakan selain produk yang Anda pasarkan.
Agar lebih efisien, jalin kerjasama dengan mereka
yang sudah berpengalaman. Anda kemudian bisa memakai jasa pemasaran dari situs
terkenal yang banyak pengunjungnya untuk menaruh iklan dari produk Anda. Selain
situs atau website tertentu, gunakan juga sosial media yang lebih aktif orang
buka setiap hari bahkan setiap detiknya. Interaksi yang terjadi akan
mempermudah Anda mengetahui siapa target pasar sesungguhnya, bagaimana
prospeknya, dan bagaimana para kompetitor yang ada, siapa saja.
Kemudian, initiate strategy dimana Anda harus
menentukan sistem yang akan digunakan untuk menjangkau prospek yang sudah Anda
ketahui berikut pelanggannya. Anda harus bisa mengarahkan semua pelanggan
kepada situs dimana Anda menempatkan produk yang akan Anda jual tersebut. Misalnya
arahan diberikan dari jejaring sosial. Jadi, bangun pusat website dimana
website tersebut terhubung ke situs lain. Ini sangat ekonomis dan mempercepat
waktu Anda dalam pengukuran pasar dimana Anda tidak harus langsung terjun ke
website tersebut. Bahkan tanpa modal dan tanpa produk pun bisa Anda lakukan
sebagai langkah awalnya.
Strategi selanjutnya yaitu start content engine
dimana Anda harus menggunakan berbagai konten yang menarik agar orang tertarik
pada bisnis Anda tersebut. Konten adalah materi paling penting, karena setiap
orang masuk ke dunia maya, mereka akan mencari sebuah konten dengan keyword
yang mereka masukan. Usahakan semua konten Anda mencakup apa yang biasa orang
butuhkan dengan keyword yang mereka gunakan.
Jadi, keyword yang mereka masukan yang berhubungan
dengan produk atau bisnis Anda tersebut bisa terdistribusikan ke konten yang
Anda sediakan dalam website bisnis Anda tersebut. Disini, para palangganlah
yang akan mencari Anda.
Strategi berikutnya yaitu traffic untuk membuat
pengunjung datang ke situs atau website Anda.
Ini masih ada hubungannya dengan strategi ketiga
tadi. Untuk mengarahkan atau mendistribusikan keyword ke website Anda, maka
strategi yang dibutuhkan adalah penggunaan SEO atau search engine optimation
yang merupakan teknik populer yang akan membuat konten dalam website Anda
ditampilkan dalam mesin pencarian ketika keyword dimasukan oleh pelanggan.
Jadi, sebisa mungkin setiap konten harus memiliki standar SEO. Untuk
mengarahkan, Anda juga bisa menempatkan iklan pada mesin pencarian dengan
membayar iklan secara pay per click.
Ada juga yang dinamakan dengan Afiiliate Marketing
yang mana Anda bekerja sama dengan para rekan bisnis lepas atau marketer yang
berpengalaman. Bisa juga dengan Media Buying, situs Anda akan ditampilkan
sebagai iklan dibanyak situs.
Bisa juga menjadikannya iklan di media cetak dan
elektronik. Karena sosial media sedang digandrungi tentu saja disini jauh lebih
mudah. Interaksi langsung bisa terjadi dan tanpa biaya. Gunakan juga strategi
terakhir dalam peningkatan traffic ini yaitu dengan Email Marketing. Email yang
sering digunakan saat ini akan membuat pengunjung lebih banyak datang ke situs
Anda. Tentu saja dengan konten yang baik dan menarik yang Anda tawarkan.
Lalu, strategi Embrace Relationship yang berhubungan
langsung dengan pelanggan Anda. Anda harus membina hubungan yang baik yang
membuatnya tertarik dan merasa nyaman dengan penawaran yang Anda berikan.
Pahami apa yang mereka inginkan dan yakinkan dengan bahasa yang mudah diingat,
menjanjikan, dan membuatnya benar-benar merasa apa yang Anda tawarkan tersebut
masuk akal. Email dan sosial media merupakan dua kanal dimana komunikasi antara
Anda dan mereka bisa terjalin.
Terakhir yaitu Money. Keuntungan tentu saja
merupakan apa yang Anda cari. Ketika Anda mendapatkan banyak pengunjung dan
pelanggan, artinya Anda harus memajukan dan mengembangkan pelayanan serta
kualitas dari apa yang menjadi bisnis Anda.
Posting Komentar untuk "Cara Menyusun Strategi Pemasaran Digital atau Digital Marketing Strategy"