Enam Kunci Sukses Pemasaran
Suksesnya pemasaran suatu produk atau jasa menjadi
indikator suksesnya bisnis yang Anda jalankan. Untuk memenangkan pasar,
diperlukan strategi pemasaran yang tepat.
Selain itu, pastikan kualitas produk menjadi poin
penting dalam menyusun strategi pemasaran. Setelah itu, rancanglah strategi
pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan secara terkontrol,
dinamis, dan kreatif. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan.
Identifikasi
pelanggan Anda
Identifikasi target market Anda akan membantu Anda
dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda dapat membidik pasar di
kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau
Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun jika ingin
memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market
Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
Promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk
bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut
konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet,
atau leaflet berisi produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau
Anda dapat menyebarkan brosur tersebut di tempat umum. Buatlah status di
jejaring social yang berkaitan dengan produk Anda, atau Anda mungkin dapat
mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait dengan produk tersebut. Dengan
berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda akan menemukan pelanggan yang
membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi
yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan pemasaran dari
mulut ke mulut. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena
dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
Pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya
adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland
Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang
sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan
potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar
kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Gunakan internet
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi
marketing yang sangat efektif. Apa pasal? Anda dapat mengetahui selera
pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs
jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah
transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan
bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari
keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan
menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Jalin hubungan dengan pelanggan. Memelihara
pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Konon,
biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat
daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan
data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara
berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan,
dan lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka di dunia otomotif,
mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan yang baik
dengan pelanggannya.
Tetap fokus
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple
menuju kesuksesan. Apple fokus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran
dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber
daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti
Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda
di wilayah tertentu.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini,
Anda harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan
juga ide yang inovatif.
Posting Komentar untuk "Enam Kunci Sukses Pemasaran"