Social Media Marketing melalui Twitter dan Youtube
Cara
terbaik untuk mendefinisikan sosial media adalah alat komunikasi, seperti koran
atau radio, sehingga media sosial akan menjadi alat komunikasi sosial. Dalam
istilah Web 2.0, ini akan menjadi situs web yang tidak hanya memberikan informasi,
tetapi berinteraksi dengan anda saat memberikan informasi tersebut.
Interaksi
tersebut seperti meminta komentar atau membiarkan anda memilih pada sebuah
artikel atau bisa serumit Flixster yang merekomendasikan film yang didasarkan
pada peringkat dari orang lain dengan minat yang sama.
Anda
bisa memikirkan media terbaik sebagai jalan satu arah di mana anda dapat
membaca koran atau mendengarkan laporan di televisi karena anda memiliki
kemampuan yang sangat terbatas untuk memberikan pengalaman tentang masalah
tersebut. Media sosial di sisi lain merupakan jalan dua arah yang memberikan
anda kemampuan untuk berkomunikasi.
Kedua
hal tersebut memang sangat membingungkan uaitmedia sosial dengan berita sosial
karena kita sering menyebut anggota dari berita sebagai media. Yang membuat
kebingungan adalah kenyataan bahwa sebuah situs berita sosial juga merupakan
situs media sosial karena dimasukkan ke dalam kategori yang lebih luas.
Tapi
berita sosial bukanlah hal yang sama seperti media sosial namun berita sosial
adalah media sosial, jejaring sosial dan wiki. Sekarang anda telah menjawab
pertanyaan tentang apa media sosial, anda bisa melanjutkan ke situs-situs media
sosial. Media sosial adalah suatu istilah yang luas, mencakup berbagai macam
website, namun satu link yang sama antara situs ini adalah bahwa anda dapat
berinteraksi dengan website dan berinteraksi dengan pengunjung lain.
revisi
banner Slide Pemasaran
Beberapa
contoh situs media sosial diantaranya adalah Social Bookmarking. Anda bisa
berinteraksi dengan penandaan website dan mencari melalui situs bookmarked oleh
orang lain.
Berita
Sosial seperti Digg, Propeller, Reddit, hal ini adalah berinteraksi dengan
memilih beberapa artikel dan komentar pada berita tersebut. Jaringan Sosial,
hal ini diantaranya adalah Facebook, Hi5, Last.FM.
Cara
yang bisa ditempuh menggunakan beberapa sosial media tersebut adalah dengan
berinteraksi baik dengan menambahkan teman, mengomentari profil, bergabung
dengan kelompok dan berdiskusi.
Photo
Sosial dan Video Sharing seperti YouTube, Flickr yang banyak dilakukan oleh
orang adalah dengan berinteraksi pada berbagi foto atau video dan memberi
komentar pada kiriman pengguna.
revisi
banner KPI Pemasaran
Wiki
baik Wikipedia maupun Wikia, pengguna bisa berinteraksi dengan menambahkan
artikel dan mengedit artikel yang sudah ada. Website tersebut bukan
satu-satunya situs media sosial. karena setiap situs web yang mengundang anda
untuk berinteraksi dengan situs dan dengan pengunjung lain dikategorikan ke
dalam definisi media sosial.
Pemasaran
sosial media juga sangat penting dalam hal ini. Pemasaran sosial media
merupakan proses pemasaran melalui situs media sosial seperti Twitter, Facebook
dan YouTube.
Dengan
memanfaatkan aspek sosial dari web, pemasaran media sosial dapat terhubung dan
berinteraksi pada tingkat yang jauh lebih personal dan dinamis daripada melalui
pemasaran tradisional.
Sebuah
strategi pemasaran media sosial dapat dibuat sederhana dengan memiliki sebuah
blog perusahaan, akun Twitter atau melampirkan Digg dan Tweet ini yang di tag
ke akhir artikel. Hal ini juga dapat menjadi cara terbaik untuk pemasaran penuh
yang meliputi blog, Twitter, jejaring sosial dan video virus melalui YouTube.
Social
Media Marketing dan Berita Sosial
Bentuk
paling sederhana dari pemasaran media sosial adalah untuk menandai artikel dan
entri blog dengan pengiriman mudah dan voting di situs berita sosial seperti
Digg .
Jika
anda pernah datang di suara kontra Digg atau Share widget ini bisa dilakukan di
akhir artikel, anda telah melihat bentuk pemasaran media sosial dalam berbagai
cara sehingga anda bisa memilih cara yang tepat untuk pemasaran anda.
Jenis
pemasaran ini sering dilakukan secara otomatis sehingga sangat sederhana untuk
diterapkan.
Hal ini
juga menjadi sangat efektif untuk perusahaan media dan dapat menjadi cara yang
bagus untuk mempromosikan blog perusahaan.
Dalam
banyak hal, blog dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari media tradisional.
Banyak informasi yang menjadi review salinan kemudian dikirim ke outlet media
tradisional seperti surat kabar dan majalah, informasi juga dapat dikirim ke
blog populer pada subjek. Blog juga menawarkan kesempatan untuk mengumpulkan
berita yang fiktif.
Hal ini
telah menjadi semakin penting untuk memiliki keberadaan di situs jaringan
sosial seperti Facebook dan MySpace. Selain jaringan sosial populer tersebut,
ada juga beberapa jaringan sosial khusus yang mungkin menjadi tempat yang
sempurna untuk mendirikan jarinan untuk produk tertentu.
Jaringan
sosial tidak hanya memberikan pemasar tempat untuk mendapatkan ide namun mereka
juga menyediakan tempat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memungkinkan
pelanggan untuk berinteraksi satu sama lain. Cara ini bisa menjadi titik awal
untuk pemasaran yang lebih efektif dan efisien.
Social Media Marketing dan Twitter
Twitter
telah mengambil banyak simpati orang pada tahun lalu untuk menjadi tempat yang
bagus untuk pemasaran bisnis di media sosial. Sementara Twitter telah
berkembang jauh melampaui yang telah dirancang dan diperkirakan oleh pemilik
situs tersebut.
Sangat
penting untuk memikirkan Twitter seperti dengan blog perusahaan. Tujuan utama
menggunakan sosial media ini adalah untuk mendapatkan ide, hal itu sama penting
untuk menambahkan sentuhan pribadi daripada mengandalkan RSS feed untuk
memberikan berita yang lama atau hanya mengulangi blog perusahaan saja. Selain
saat ini tumbuh lebih banyak jumlah pengikut pada Twitter, situs jejaring
sosial ini dapat sangat efektif saat berinteraksi dengan pelanggan dan fans.
Social Media Marketing dan YouTube
Beberapa
manfaat yang paling efektif dari media sosial adalah strategi pemasaran pusat
seperti YouTube dan video virus. Sementara sering situs jejarinng sosial ini
lebih memakan waktu dan mahal, YouTube dapat dengan mudah menjadi pusat dari
kampanye media sosial yang lebih besar.
Karena
sifatnya sosial, YouTube dapat menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi
dengan pelanggan dan membuat mereka terlibat dengan pemasaran serta produk.
Sebagai
contoh yang sangat baik dari pemasaran media sosial di YouTube dilakukan dengan
baik adalah respon Microsoft untuk ” Aku Mac ” iklan. Jenis interaksi pelanggan
merupakan inti dari media sosial marketing, hal ini berhubungan tentang
bagaimana dan merupakan landasan untuk membangun strategi yang efektif. Semakin
anda berinteraksi dengan pelanggan, anda bisa membangun loyalitas merek yang
lebih baik lagi.
Manfaat
Media Sosial
Satu hal
yang perlu dimiliki oleh tiap komunitas web media sosial adalah anggota.
Anggota adalah komoditas situs media sosial dan semakin banyak anggota, semakin
banyak nilai, bukan hanya kepada pemilik situs, tetapi untuk masyarakat itu
sendiri. Bahkan ada massa kritis ke situs media sosial. Tanpa cukup anggota
situs hampir tidak memiliki nilai dan tidak berarti.
Tapi
seperti masyarakat yang tumbuh, nilainya meningkat secara eksponensial. Jika
masyarakat hanya memiliki beberapa anggota tidak akan cukup konten untuk
membuat situs yang menarik. Selain itu tanpa cukup banyak orang masyarakat
tidak akan mengoreksi diri. Jaringan sosial yang baik adalah jaringan sosial
yang memiliki semua karakteristik yang dibutuhkan masyarakat.
Manfaat
dari situs media sosial ditemukan dalam hubungan yang bisa ditarik antara mereka
yang berpartisipasi dalam situs tersebut. Menghubungkan orang, merekomendasikan
sumber daya, mengidentifikasi keahlian dan mendistribusikan konten yang
memberikan manfaat bagi mereka yang berpartisipasi dan menggunakan situs
tersebut.
Menggunakan
media sosial untuk pemasaran dapat mengaktifkan usaha kecil yang ingin
melanjutkan jangkauan mereka kepada lebih banyak pelanggan. Pelanggan anda
berinteraksi dengan merek melalui media sosial, oleh karena itu, memiliki
kehadiran media sosial yang kuat di web adalah kunci untuk memasuki minat
mereka. Jika diterapkan dengan benar, pemasaran dengan media sosial dapat
membawa sukses yang luar biasa bagi bisnis anda.
Apa itu Social Media Marketing?
Pemasaran
sosial media atau SMM merupakan bentuk pemasaran internet yang
mengimplementasikan berbagai jaringan media sosial untuk mencapai komunikasi
pemasaran dan branding gol. Pemasaran media sosial terutama meliputi kegiatan
yang melibatkan berbagi sosial konten, video dan gambar untuk tujuan pemasaran.
Sebelum anda mulai menciptakan kampanye pemasaran sosial media, pertimbangkan
tujuan bisnis anda.
Memulai
kampanye pemasaran sosial media tanpa rencana dalam pikiran adalah seperti
mengembara melalui hutan tanpa peta dan berakhir sia-sia. Buat rencana
pemasaran media sosial dan bertukar pikiran tentang tujuan anda. Apa yang anda
harapkan untuk mencapai tujuan dalam pemasaran sosial media? Siapa target
audiens anda, dimana audiens target anda akan bergaul dan bagaimana mereka akan
menggunakan sosial media? Pesan apa yang ingin anda kirim ke audiens dengan
pemasaran sosial media?
Pemasaran
sosial media memiliki tujuan seperti:
- · Situs lalu lintas
- · Konversi
- · Kesadaran
- · Menciptakan identitas merek dan asosiasi merek positif
- · Komunikasi dan interaksi
Hanya
dengan menetapkan tujuan yang anda inginkan, anda dapat mengukur ROI sosial media anda .
Posting Komentar untuk "Social Media Marketing melalui Twitter dan Youtube"