Strategi Promosi untuk Pengusaha Pemula
Promosi merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan
barang atau jasa yang Anda tawarkan. Pengusaha pemula sering kebingungan
bagaimana berpromosi dengan efektif dan efisien. Sebelum berpromosi atau
memiliki strategi pemasaran, terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan
lebih dahulu.
Pertama, perlu dipikirkan apa yang menjadi
keunggulan/keunikan bisnis Anda, misalnya harga jual lebih murah, pengantaran
tepat waktu, dan sebagainya.
Kedua, situasi pasar atau pesaing yang ada di pasar,
apakah pasar dikuasai oleh tengkulak besar, perusahaan besar, koperasi, atau
usaha perorangan dan bagaimana tingkat kualitas atau harga jual produk mereka.
Ketiga, harapan konsumen terhadap produk atau jasa
Anda secara umum, misalkan harga jual, penghantaran produk, kualitas, dan
lain-lain.
Setelah menelaah pembahasan di atas, sekarang pilih
segmen konsumen Anda. Kemudian, ceritakan kelebihan produk atau layanan Anda.
Jika usaha Anda relatif baru, mulailah dengan
menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing-pesaing telah ada. Meski
begitu jangan mengorbankan margin laba yang terlalu banyak. Selamat mencoba
Posting Komentar untuk "Strategi Promosi untuk Pengusaha Pemula"