Cara Mempromosikan Bisnis Anda Di Facebook
Di jaman yang semakin modern seperti sekarang ini, para pelaku bisnis
diwajibkan untuk mengetahui cara promosi melalui facebook dan juga
sosial media lainnya. Tak bisa kita pungkiri bila sosial media merupakan
media untuk melakukan promosi yang paling murah namun efeknya sangat
menjanjikan.
Salah satunya seperti sosial media facebook. Di Indonesia sendiri
paling tidak ada 50 juta pengguna facebook, dan semuanya itu menjadi
potensi market bagi para pelaku bisnis. Bahkan hampir 90% dari para
pengguna internet di Indonesia mempunyai akun facebook.
Banyak pebisnis yang dulunya hanya bermula dari bisnis kecil dan
sekarang telah berkembang menjadi besar dan sukses karena menggunakan
sosial media khususnya facebook sebagai media promosi online.
Jika Anda tak ingin ketinggalan dengan pelaku bisnis lainnya, maka
membuat akun di facebook merupakan salah satu langkah promosi yang bisa
Anda pilih.
Cara Promosi Bisnis Di Facebook
Terdapat berbagai macam cara mempromosikan produk melalui facebook
yang dapat Anda coba, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Buat Fan Page
Fitur fan page berbeda dengan facebook akun dimana fan page dapat
dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis yang Anda jalankan.
Setelah membuat fan page, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah
melengkapi halaman fan page secara detail. Mulailah dari membuat logo,
deskripsi perusahaan, gambar, produk maupun jasa yang ditawarkan. Tidak
hanya deskripsi produk saja, Anda juga dapat menambahkan foto-foto
sehingga usaha Anda akan lebih diketahui secara detail.
2. Share
Setelah membuat segala sesuatu dalam akun tampak lengkap, sekarang saatnya Anda para pelaku bisnis mempromosikan fan page facebook
Anda. Lain halnya dengan akun facebook, dimana cara add fan page adalah
like dan juga tidak perlu adanya konfirmasi. Hal pertama yang bisa Anda
lakukan dalam share fan page Anda adalah menginformasikan fan page Anda
melalui akun pribadi Anda dan juga teman-teman facebook Anda.
Selain itu, pelaku bisnis juga dapat melakukan share dengan cara
mengupdate secara regular. Semakin rajin Anda mengupdate maka semakin
besar pula fan page Anda di like maupun di share lagi. Anda juga dapat
membagi konten yang mengundang dan kemudian di share kembali. Fan page
yang baik merupakan fan page yang mempunyai comment serta like yang
banyak.
3. Selalu Memperhatikan Konsumen
Fan page di facebook sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar
perhatian yang diberikan oleh konsumen Anda terhadap bisnis yang Anda
jalankan. Apakah respon yang mereka berikan cukup baik atau justru
sebaliknya yaitu buruk. Jadi selalu perhatikanlah tingkah laku konsumen
Anda yang ada di facebook. Saat Anda memposting produk dan ada komentar
yang menanyakan produk maka usahakan untuk membalas komentar tersebut
secepat mungkin.
Dengan begitu maka secara tidak langsung Anda mendapat suatu masukan
untuk bisnis Anda tanpa perlu membuat kotak saran. Selain cara tersebut,
Anda juga dapat menggunakan tools dari facebook, misalnya saja “Build
Audience” atau statistic yang ada di fan page tersebut. Dari situ
pebisnis bisa melihat rata-rata likes dari para konsumennya.
4. Menggunakan Facebook Ads
Seperti yang telah dibahas sebelumnya dimana sosial media
merupakan media promosi yang paling murah. Namun, untuk mendapatkan
like yang banyak dari para konsumen, Anda sebagai pelaku bisnis harus
bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads. Keunggulan apa
yang ditawarkan oleh facebook ads? Facebook memiliki cara tersendiri
untuk memilih para konsumennya. Sehingga, penggunaan facebook ads disini
sangat membantu para pelaku bisnis dalam mendapatkan calon konsumen
sebanyak-banyaknya.
Posting Komentar untuk "Cara Mempromosikan Bisnis Anda Di Facebook"