Cara Menemukan Kata Kunci yang Tepat
Riset
kata kunci, jika berdiri sendiri, belumlah memadai. Untuk menemukan
sebuah kata kunci yang baik dibutuhkan beberapa kotak, yang bisa
ditemukan dengan menggunakan akal sehat dan ketrampilan editorial. Untuk
mengembangkan praktik SEO yang efektif, sebuah kata kunci yang baik
harus memenuhi 5 poin berikut ini:
1. Kata kunci yang baik idealnya berupa 1 kata atau frase yang benar-benar dicari banyak orang.
Menemukan
kata kunci merupakan langkah penting untuk memberikan konten yang
disukai pengunjung situs bisnis Anda. Sebagian kata kunci mungkin
terlihat tepat untuk apa yang akan Anda tawarkan. Mungkin Anda ingin
menggambarkan bisnis kertas toilet sebagai "penyediaan solusi sanitasi
berbasis kertas", tetapi jika tak seorang pun mencari frase ini, tidak
banyak poin yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Atau
mungkin tim SEO Anda mengoptimalkan untuk "harga tiket pesawat terbang
hemat ke Helsinki" karena Anda pikir "harga tiket" lebih tepat untuk
bisnis Anda dibandingkan "penerbangan murah". Namun jika seluruh dunia
mencari "penerbangan murah ke Helsinki" saat mereka ingin mendapatkan
perjalanan dengan harga wajar ke Finlandia, tak seorang pun akan pernah
menemukan situs perusahaan Anda untuk sekadar menghargai kerja keras
Anda menemukan nada yang tepat.
2. Sebuah kata atau frase kunci yang baik idealnya mendukung konten yang relevan atau berguna.
Misalnya,
situs pengawas penumpang kereta menemukan bahwa banyak orang datang ke
situs Anda untuk menemukan waktu keberangkatan dan tibanya kereta. Ini
menjadi kata kunci yang populer di dalam pencarian tetapi tidak ada
konten yang bisa dikembangkan seputar tema itu dan waktu keberangkatan
dan tiba kereta tidak bisa menjadi bentuk layanan khusus tersendiri.
Untuk perusahaan Anda dan meskipun popularitas kata kunci tersebut,
sangat konyol untuk menulis konten tentang kata kunci ini (daripada kata
kunci lain untuk mengarahkan orang menuju situs yang benar.
3. Kata kunci yang baik seharusnya dipetakan di tujuan bisnis Anda.
Jika
Anda menjual makanan kucing secara daring (online), mungkin Anda
tergoda untuk melakukan optimasi teks di situs bisnis Anda menjadi
"kucing lucu", atau "kucing bermain pinao". Anehnya, itu karena ada
sebagian istilah terpopuler yang dicari orang di Internet. Namun Anda
tidak mungkin ditemukan dalam persaingan yang amat ketat dan mereka yang
menemukan Anda tidak berarti berminat pada pembelian makanan kucing,
yang sebetulnya menjadi inti bisnis Anda. Sehingga Anda membutuhkan
rencana strategis yang siap diterapkan untuk ememtakan konten yang
relevan dengan para pengunjung dan audiens yang dibidik.
4. Sebuah kata kunci yang efektif bisa benar-benar panjang.
Jumlah
rata-rata kata yang digunakan para pengguna Internet di mesin pencari
Google terus meningkat dari waktu ke waktu dan terus mengalami
perkembangan setiap saat. Di tahun 2004, tak seorang pun yang
menggunakan 8 kata atau lebih ke dalam frase pencarian satu kata. Lima
tahun kemudian, 4% pengguna melakukan hal itu dan rata-ratanya terus
menanjak. Selain itu, studi-studi menunjukkan bahwa kepuasan pengguna
naik seiring dengan kenaikan panjang frase yang dimasukkan ke kotak
pencarian. Seiring dengan meningkatnya pengguna Google yang memahami
Internet lebih baik, kami memahami bahwa semakin spesifik kami bisa
melakukan pencarian, semakin bagus kualitas hasilnya. Sehingga kami
berpikir tentang kata kunci yang mengarah ke ceruk (niche)
tertentu, spesifik dan berjenis long tail (panjang, lebih dari 1 kata/
frase). Inilah kualitas yang ingin Anda cari dalam sebuah kata kunci,
mengubah hasil menjadi lebih relevan untuk audiens yang Anda ingin
garap.
5. Sebuah kata kunci dikelilingi konten yang berkualitas.
Orang
sering mengeluh:"Mengapa peringkat halaman web saya untuk kata kunci X
jeblok?" Namun sejujurnya, Anda seharusnya bertanya pada diri Anda
sendiri jika Anda sungguh-sungguh memiliki konten yang relevan dan
bermanfaat untuk kata kunci tertentu di Internet. Jika Anda tidak mau,
lakukan pencarian di Google saja dan tugas Anda ialah memperbaiki
kualitas konten Anda sehingga Anda bisa menduduki ranking pertama.
Google semakin giat mencari informasi berkualitas dan keandalan
editorial dalam konten situs saat ini.
Posting Komentar untuk "Cara Menemukan Kata Kunci yang Tepat"