Hal yang Dapat Membuat Konsumen Kabur
Para pengusaha kadang tidak memandang usahanya dari kacamata
konsumen. Sehingga seringkali pelayanan membuat para konsumen jengah dan
memilih membeli produk serupa di tempat lain.
Untuk lebih menjaring lebih banyak pelanggan, para pengusaha
sebaiknya menghindari hal-hal yang tidak disukai para konsumen. Berikut 5
hal yang harus dihindari para pebisnis karena bisa membuat para
konsumen kabur:
1.Membuat Konsumen Menunggu
Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu menghadapi banyak pelanggan. Meski demikian, para konsumen tak akan mau mengerti dan tetap benci menunggu.
Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu menghadapi banyak pelanggan. Meski demikian, para konsumen tak akan mau mengerti dan tetap benci menunggu.
Menurut sejumlah penelitian, para konsumen akan batal membeli sebuah
produk jika dia harus menunggu dalam waktu terlalu lama. Artinya, para
pelanggan selalu berharap dapat dilayani sesuai harapannya tanpa banyak
membuang waktu.
2. Memberikan Pesanan Konsumen Sesuai yang Dijanjikan
Memang benar, mengirimkan pesanan konsumen sesuai perjanjian merupakan hal yang tepat dalam berbisnis. Tapi jangan salah, memberikan kejutan lebih dari sekadar yang dijanjikan akan menarik para konsumen untuk datang kembali membeli produk Anda.
Memang benar, mengirimkan pesanan konsumen sesuai perjanjian merupakan hal yang tepat dalam berbisnis. Tapi jangan salah, memberikan kejutan lebih dari sekadar yang dijanjikan akan menarik para konsumen untuk datang kembali membeli produk Anda.
Berikanlah penawaran-penawaran bonus yang membuat para konsumen tetap
bertahan menggunakan produk Anda. Tanpa ada yang spesial, para konsumen
akan dengan mudah meninggalkan bisnsi Anda.
3. Penjual Sulit Dihubungi
Waktu adalah uang. Para konsumen tidak suka menunggu para pengusaha untuk menjawab pertanyaannya terkait produk yang dijual. Terlebih lagi, sang pebisnis sulit untuk dihubungi. Hal ini membuat para pelanggan jenuh dan berpaling pada penjual lain.
Waktu adalah uang. Para konsumen tidak suka menunggu para pengusaha untuk menjawab pertanyaannya terkait produk yang dijual. Terlebih lagi, sang pebisnis sulit untuk dihubungi. Hal ini membuat para pelanggan jenuh dan berpaling pada penjual lain.
Sebaiknya sediakan fasilitas FAQ (Frequently Asked Questions) pada
situs promosi Anda. Sehingga para pelanggan tak perlu repot-repot
menunggu jawaban langsung dari Anda.
4. Melakukan Penawaran Produk Secara Agresif
Para konsumen sangat membenci promosi berulang yang dilakukan para penjual produk. Tak jarang, email atau telepon berisi iklan produk yang sama berdatangan berulang kali dalam sehari.
Para konsumen sangat membenci promosi berulang yang dilakukan para penjual produk. Tak jarang, email atau telepon berisi iklan produk yang sama berdatangan berulang kali dalam sehari.
Hal tersebut sangat mengganggu konsumen dan justru membuatnya enggan membeli produk Anda.
5. Merahasiakan Sebagian Informasi Produk
Kadang memang para
pebisnis harus selektif dalam memilih informasi yang disampaikan pada
para calon pembeli. Tapi itu bukan berarti Anda merahasiakan informasi
yang seharusnya diterima para konsumen.
Posting Komentar untuk "Hal yang Dapat Membuat Konsumen Kabur"