Menyusun Rencana Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Anda
Setiap pekerjaan pasti membutuhkan komunikasi baik dari pihak sesama
penjual ataupun dari penjual kepada pembeli. Begitu juga dengan
pemasaran bisnis yang membutuhkan komunikasi yang baik antara para
penjual dengan pembeli. Komunikasi pemasaran
sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan suatu
produk. Jika Anda sebagai pelaku bisnis bisa membangun komunikasi yang
baik kepada para pembeli maka dengan mudah Anda bisa membujuk mereka
untuk membeli produk yang Anda tawarkan.
Komunikasi pemasaran sangat penting bagi para
pemasar karena dengan
komunikasi yang baik akan muncul ketertarikan dari konsumen. Namun,
komunikasi pemasaran terkadang diabaikan oleh beberapa orang pebisnis
dimana mereka hanya menjual produk tanpa berkomunikasi dengan baik pada
konsumen. Padahal perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali keuntungan yang
akan diperoleh para penjual jika mereka mampu berkomunikasi dengan baik
kepada konsumen.
Komunikasi pemasaran adalah pemegang kendali dalam penjualan produk,
jika komunikasi tersebut mengalami suatu kendala maka penjualan dapat
terhenti sesaat atau bahkan bisa terhenti total. Dalam komunikasi
pemasaran tersebut sarana yang digunakan sangatlah beragam untuk
menginformasikan setiap produk yang dipasarkan.
Berikut adalah beberapa cara melakukan komunikasi pemasaran yang
dapat Anda coba sebagai sarana efektif untuk menarik banyak pelanggan.
Face to Face
Komunikasi pemasaran ini merupakan komunikasi yang dilakukan secara
langsung antara penjual kepada pembeli. Jika Anda menjalankan
komunikasi ini, maka biasanya akan sering terjadi kendala dalam hal
waktu dan juga biaya sehingga komunikasi secara langsung atau face to face ini jarang diminati oleh para marketer bisnis.
Media Cetak
Media cetak juga menjadi sarana yang bisa digunakan untuk komunikasi
pemasaran produk. Dengan menggunakan sarana media cetak seperti brosur,
koran atau surat kabar, majalah, spanduk, sticker dan lain sebagainya
maka Anda bisa melakukan promosi sebagai komunikasi pemasaran kepada
konsumen. Cara ini sering sekali digunakan oleh para pebisnis demi
mendapatkan simpati dari para konsumen.
Internet
Internet adalah sarana komunikasi pemasaran yang paling banyak
digunakan, bahkan hampir semua pebisnis menjalankan pemasarannya melalui
internet. Pemasaran produk melalui internet lebih mudah
menginformasikan produk. Selain itu, internet juga mempunyai jumlah
pengguna yang sangat banyak. Dengan terjalinnya komunikasi pemasaran
yang baik antara konsumen atau pengguna internet dengan penjual online
maka dari situ akan terjadi ssuatu interaksi yang baik sehingga produk
Anda pun mudah diperkenalkan kepada konsumen.
Dengan Menerapkan beberapa strategi pemasaran
tersebut maka ada banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh para
penjual. Beberapa fungsi dari komunikasi pemasaran tersebut diantaranya
adalah sebagai berikut.
- Menginformasikan kepada para konsumen mengenai produk-produk yang dijual seperti bagaiman, apa dan mengapa konsumen harus membeli produk yang Anda tawarkan.
- Memperkenalkan nama perusahaan atau citra perusahaan kepada para konsumen dan masyarakat luas.
- Membantu meningkatkan penjualan produk dengan cepat dan juga tepat.
Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Menyusun Rencana Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Anda"