Strategi Manajemen Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan
Meningkatkan Sistem Penjualan produk barang dan jasa, perlu Strategi Marketing Pemasaran yang efektif. Kemampuan handal dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.
Teknik pemasaran boleh dikatakan
sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Kemampuan yang handal
dalam memasarkan produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk
itu sendiri. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran
yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat
dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita
temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Tentu saja, jangan abaikan
faktor kualitas produk yang merupakan poin penting bagi pemasaran itu
sendiri.
Maka, setelah Anda pastikan kualitas
produk Anda, rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses
pemasaran dapat berjalan secara terkontrol, dinamis, dan kreatif.
Berikut ini ada 6 langkah strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan.
1. Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan – kenalilah pelanggan Anda.
Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun
strategi marketing yang efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok
usia 15—30 tahun jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau
Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun jika ingin
memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target
market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya
marketing pemasaran yang sia-sia.
2. Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan – lakukanlah promosi.
Lakukan upaya marketing pemasaran konsisten, terus-menerus, dan dengan
cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya,
setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi
produk bisnis Anda untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat
menyebarkan brosur marketing pemsaran tersebut di tempat umum. Buatlah
status di jejaring social yang berkaitan dengan produk Anda, atau Anda
mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait dengan produk
tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda akan
menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Faktor penting dalam strategi marketing pemasaran lainnya adalah
masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland
Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang
orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik
pelanggan potensial.
.
4. Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan – coba gunakan internet marketing.
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat
efektif. Apa pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan
pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial.
Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang
meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana
pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian,
dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet. Anda
dapat memasang foto, berinteraksi langsung dengan pelanggan, bahkan
menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
.
5. Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan – jalin hubungan dengan pelanggan.
Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan
pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan
baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka,
buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan
yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan
pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain. Joe
Girard, seorang salesman terkemuka di dunia otomotif, mengatakan bahwa
kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan yang baik dengan
pelanggannya.
.
6. Strategi Marketing Pemasaran yang Efektif, Untuk Meningkatkan Sistem Penjualan – the Power of Focus.
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan.
Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar
hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber
daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak
berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan
produksi Anda di wilayah tertentu.
.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar
saat ini, Anda harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing
yang tepat dan juga ide yang inovatif.
Posting Komentar untuk "Strategi Manajemen Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan"