Strategi Tepat Menentukan Harga Jual Produk
Banyak para produsen yang dapat membuat sebuah produk yang
berkualitas dalam skala kecil maupun dalam skala besar. Namun, tidak
sedikit juga dari para produsen yang belum dapat menguasai pasar dengan
baik sehingga masih kurang memahami dalam menentukan harga jual produk
dan bagaimana cara pemasarannya. Padahal seorang pengusaha pastinya
ingin mendapatkan keuntungan besar dari penjualan produknya.
Harga jual yang baik merupakan harga yang berlaku secara umum atau
biasa juga disebut dengan harga pasaran dan harga yang dinilai pantas
oleh para konsumen. Harga jual produk juga menjadi sesuatu yang sangat
sensitif untuk keberlanjutan usaha dan juga bisnis Anda, karena ada
cukup banyak hal yang akan terpengaruh dengan harga jual produk yang
Anda tentukan. Jadi jika Anda sebagai pelaku bisnis asal-asalan dalam menentukan harga produk, maka hal itu dapat meningkatkan resiko kerugian usaha yang bisa Anda alami.
1. Pelanggan
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pelanggan adalah prioritas bagi
Anda sebagai pelaku bisnis, jadi pastikan bahwa harga jual yang Anda
tentukan bisa diterima oleh pelanggan. Artinya harga jual menentukan
kualitas yang Anda tawarkan kepada target pelanggan Anda. Jika Anda
tidak mempertimbangkan faktor penting ini, bisa jadi produk yang Anda
tawarkan tidak akan laku terjual.
2. Pesaing
Penting juga bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk melihat harga jual
yang ditawarkan oleh para pesaing yang mempunyai produk yang sama
dengan Anda. Oleh sebab itu, pastikan harga jual produk Anda bisa
bersaing dengan harga jual produk pesaing. Artinya Anda harus
benar-benar memperhatikan tingkat keuntungan, jika tingkat keuntungan
yang sudah Anda tetapkan menyebabkan harga jual terlalu mahal, sebaiknya
Anda menurunkan tingkat keuntungan.
3. Biaya
Biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk,
karenanya jangan sampai harga jual yang Anda tetapkan tiak bisa menutup
biaya-biaya yang sudah terjadi. Artinya Anda harus benar-benar jeli dan
juga teliti dalam menghitung biaya yang terjadi. Pastikan juga bahwa
tidak ada biaya yang terlewatkan atau tidak Anda masukkan dalam
perhitungan. Jika ada biaya tidak Anda hitung, maka hal itu akan
menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan mempengaruhi tingkat
keuntungan bahkan menyebabkan kerugian.
4. Kemanfaatan Untuk Usaha
Arti dari poin penting ini yaitu, apakah harga jual yang Anda
tentukan sudah pantas ataukah belum. Dapat di nilai pantas jika harga
jual bisa memberikan keuntuangan sesuai yang Anda harapkan. Seandainya
keuntungan yang diharapkan bisa tercapai maka hal tersebut akan
mempermudah Anda dalam ekspansi perkembangan bisnis yang Anda miliki.
Itulah beberapa tips bisnis yang penting untuk Anda perhatikan dalam menentukan harga jual produk. Semoga bermanfaat dan salam sukses!
Posting Komentar untuk "Strategi Tepat Menentukan Harga Jual Produk"