Sekolah Manger Digital Marketing by azzam
kepada masyarakat, agar perusahaan yang memasarkan produk
tersebut bisa mendapat arus konsumen yang cukup signifikan untuk mendatangkan
profit secara konsisten. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah sebagai berikut.
•Memilih
sasaran audiens, yaitu target yang tepat untuk produk yang akan dipasarkan.
Misalnya, apakah suatu produk kendaraan akan cocok ditawarkan untuk pembeli
eceran (konsumen biasa) ataukah perusahaan yang akan memerlukan kendaraan
tersebut untuk bisnis?
•Menentukan
tujuan komunikasi. Misalnya, apakah suatu iklan dirancang untuk mendorong
konsumennya berpikir, membujuk konsumen dengan halus atau bahkan langsung
menyuruh bertindak?
•Merancang
pesan. Misalnya, pesan jenis apakah yang bisa membuat konsumen tertarik untuk
membeli, yang bisa menarik perhatian dan yang bisa langsung mendorong sikap
konsumen?
Tahapan Kunci dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk Baru
Perencanaan produk merupakan hal yang sangat penting, yang
menentukan jenis serta kualitas produk yang akan dihasilkan, respon masyarakat,
serta kemungkinan kestabilan produk tersebut di pasar (dalam artian tidak cepat
turun popularitasnya). Ketika merencanakan produk baru, sebuah perusahaan harus
melalui berbagai tahapan hingga produk benar-benar sudah jadi dan siap
dipasarkan.
Berikut adalah tahapan yang harus dilalui dalam perencanan
produk baru:
• Idea
Generation: tahap mencari ide dan peluang pembuatan produk baru.
• Product
Screening: tahap menyeleksi ide-ide produk yang diperoleh untuk memilih yang
paling potensial.
Product Life Cycle atau Memahami Siklus Hidup Produk dalam
Manajemen Pemasaran
Setiap barang yang dipasarkan, baik itu berupa produk maupun
jasa layanan, memiliki siklus yang dimulai dari awal ketika mereka mulai
dipasarkan dan berakhir ketika produk tersebut mulai mengalami penurunan yang
bisa disebabkan karena penurunan minat masyarakat, situasi ekstrem yang
memengaruhi nama produk, atau penurunan kualitas.
Product Life Cycle alias Siklus Produk merupakan bagian dari
analisis bisnis dan pemasaran yang berfokus pada empat tahap produk yaitu:
• Introduction
(Pengenalan), yaitu ketika produk atau layanan baru diluncurkan.
• Growth
(Perkembangan), yaitu ketika produk atau layanan mulai dikenal dan mulai
menarik minat konsumen.
•Maturity
(Kematangan), yaitu tahap dimana permintaan akan produk atau layanan sudah
berada dalam tahap stabil dan arus distribusi mengalir lancar.
•Penurunan
(Decline), yaitu tahap dimana jumlah permintaan akan produk atau layanan mulai
menurun akibat persaingan, perubahan selera masyarakat atau situasi ekstrim
yang merusak citra produk.
Cara Menentukan Segmentasi Pasar secara Benar dan
Menguntungkan
Kita sering menemukan suatu perusahaan menciptakan
produk-produk berbeda dengan sasaran target konsumen berbeda, padahal jenis
produknya mungkin mirip antara satu dan yang lain. Hal ini disebut segmentasi
pasar, atau pembagian pasar untuk membidik beberapa kelompok yang masing-masing
sangat homogen dengan karakteristik uniknya sendiri.
Segmentasi pasar biasanya dilakukan untuk memperluas
keuntungan dari perusahaan dan meraih target konsumen yang lebih luas.
Karena merupakan hal yang cukup beresiko, setiap aktifitas
segmentasi pasar harus dibarengi dengan faktor-faktor sebagai berikut:
Tipe dan Jenis Produk dalam Ilmu Manajemen Pemasaran
Dalam perencanaan dan pengembangan produk, dikenal tiga tipe
produk yang dipasarkan kepada konsumen. Perencanaan dan pengembangan produk
merujuk pada ketiga jenis produk ini, tergantung dari jenis produk apa yang
diusahakan oleh perusahaan.
Ketiga jenis produk ini adalah:
• Convenience Goods
Ini adalah jenis produk yang biasanya bisa dibeli dengan
mudah dan dengan usaha minimum. Hal ini karena kebanyakan konsumen biasanya
sudah familiar dengan atribut dan karakteristik produk-produk ini.
Contohnya adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari, koran,
majalah, makanan ringan, obat-obat generik seperti obat batuk atau sakit
kepala, dan sebagainya.
• Shopping Goods
Ini adalah jenis produk yang atribut dan kualitasnya belum
begitu familiar bagi konsumen, sehingga mereka membutuhkan atribut tambahan
seperti merk, reputasi barang dan harga (tidak semudah saat membeli convenience
goods).
Cara Terbaik untuk Merekrut Salesman Hebat dan Sales Manager
Top
Anda pernah melihat manajer penjualan yang sukses?
Kesuksesan mereka juga memerlukan pemahaman dan pengetahuan
tentang produk yang mereka jual.
Jika mereka terus-menerus menjual produk kepada pelanggan
dengan mendatangi pelanggan baru mengeluarkan dan ide-ide mereka untuk menarik
perhatian, mereka akan membuat pelangan merasa tertarik dan bersemangat untuk
membeli produk tersebut, padahal yang sering terjadi adalah penolakan yang
merupakan bagian dari pekerjaan tersebut.
Sales kadang mengalami situasi yang tidak menguntungkan,
mereka harus melawan ego untuk mengalahkan pelanggannya. Sementara hal ini
tidak menciptakan persaingan dan memaksa konsumen atau pelanggan untuk membeli
produk yang bersangkutan.
Artikel Lengkap tentang Account Management dan Account
Relationship Management
Dunia bisnis dan pengelolaannya dengan pendekatan baru untuk
mengelola sebuah korporasi bisnis, ini adalah hal yang mutlak bagi perusahaan.
Hubungan tersebut bisa terjadi satu sama lain karena memiliki kesamaan tujuan.
Ada beberapa hubungan yang sering terjadi dalam dunia bisnis
diantaranya adalah produsen dengan konsumen, produsen dengan supplier, produsen
dengan sales dan distributor maupun grosir. Pengelolaan yang baik akan
memberikan nilai tambah yang baik bagi perusahaan. Produsen akan memanfaatkan
pelanggan dalam suatu level bisnis untuk bisa memaksimalkan hubungan kerja sama
keduanya. Marketing strategy slides.
Dengan adanya pemasaran melalui pengelolaan pada berbagai
metode yang berbeda yang berhubungan dengan pelanggan maka akan dilakukan
berbagai pendekatan. Pendekatan tersebut akan menimbulkan suatu cara untuk
mendapatkan konsumen serta memiliki tujuan untuk mendapatkan nilai tambah
secara terus menerus pada konsumen, selain itu perusahaan juga akan memperoleh laba
secara terus menerus.
Matriks Pengembangan Pasar dan Diversifikasi Produk
Matriks Pemasaran merupakan diagram yang menggambarkan
bagaimana seharusnya sebuah langkah atau strategi pemasaran diambil. Diagram
sederhana ini menggambarkan perbandingan antara empat hal: pasar yang ada
sekarang, produk yang ada sekarang, pasar yang menawarkan produk baru, serta
tentu saja produk barunya.
Dengan membandingkan antara sifat pasar dan produknya, kita
bisa menentukan, secara kasar, garis besar strategi yang harus diterapkan jika
sifat pasar dan produknya sendiri berada dalam kondisi tertentu.
Strategi Instagram Marketing yang Paling Cetar Membahana
Strategi pemasaran melalui media online atau internet adalah
hal yang jamak dilakukan. Berbagai jenis media online yang ada saat ini dapat
dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran.
Diantara berbagai mode media online yang bisa dipergunakan,
medial sosial online seperti Instagram juga bisa dimaksimalkan untuk
kepentingan pemasaran sebuah produk ataupun jasa.
Instagram merupakan sebuah media sosial dimana para
anggotanya saling berbagi foto yang mereka ambil dari kehidupan sehari-hari.
Fokus dari Instagram berupa foto atau gambar, membuat mereka
yang melihat gambar tersebut merasa lebih dekat dengan apa yang ada dalam gambar,
dan hal ini membuka jalan terhadap sebuah strategi marketing yang baru yaitu
pemasaran secara visual.
Strategi Pemasaran Melalui Channel Youtube yang Paling Wow
Selain Facebook dan Twitter, salah satu media sosial yang
biasa dijadikan sebagai media pemasaran adalah Youtube. Menggunakan video
sebagai alat promosi memang cukup efektif terlebih lagi Youtube sekarang sudah
sangat populer sebagai situs web sharing.
Menggunakan video sebagai sarana promosi dapat dilakukan
baik pelaku bisnis online maupun offline. Memilih Youtube sebagai media promosi
sangat tepat karena lebih dari 20 juta orang yang mengunjungi situs web sharing
ini setiap harinya.
Hal ini membuat peluang mendapatkan konsumen semakin besar.
Anda dapat meng-upload video mengenai usaha Anda.
Video tersebut bisa berupa iklan atau deskripsi mengenai
usaha Anda. Format video pun bisa berbagai macam. Video dengan formal flv
terbilang pilihan yang paling tepat karena format tersebut dapat diputar di
berbagai macam web asalkan web tersebut memiliki Flash Player.
Posting Komentar untuk "Sekolah Manger Digital Marketing by azzam"