Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Membangun Brand Kuliner di Instagram

 

Strategi Membangun Brand Kuliner di Instagram


Strategi Membangun Brand Kuliner di Instagram-Kamu punya brand kuliner? Jangan sampai sampai kamu tidak paham mengenai Pembangunan Brand. Ini penting banget untuk menjaga kelangsungan brand kamu. Agar brand yang kamu kembangkan mempunyai kekhasannya tersendiri, hal ini akan mendorong kuatnya ingatan konsumen mengenai brand yang kamu miliki.


Sudah paham? Sudah lah ya. Mari simak tulisan berikut mengenai membangun brand kuliner di Instagram. Kita akan membahas di instagram terlebih dahulu, baru besok-besok kita beralih ke media sosial yang lain. Simak strategi membangun brand kuliner di Instagram di bawah ini!


Membangun Brand Kuliner di Instagram

Kenapasi sih membangun brand kuliner di instagram itu penting? Penting banget kawan. Sebagaimana yang sebelumnya kita bahas di atas, membangun brand kuliner adalah satu hal yang paling pokok dalam menjaga kelangsungan bisnis kamu. Pembangunan brand akan berdampak pada ingatnya masyarakat terhadap brand yang kamu miliki. Bukankah kalau mereka ingat dengan brand kamu, chance untuk mereka membeli di toko mu akan semakin membesar? Begitu kira-kira.


Trus kenapa harus di instagram? Anggap saja kalian bertanya lah ya. Jadi instagram saat ini menempati posisi teratas sosial media. Demografi pengguna instagram ini sangat luas kawan, mulai dari anak-anak, kaula muda, sampai orang tua. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam rentan umur itu sebagai tempat membangun brand kulinermu.


Selain itu, instagram adalah sosial media yang fokus utamanya adalah foto, memang sampai tulisan ini kami tulis, fokus dari instagram agak sedikit bergeser ke video. Namun apapun itu, kamu bisa memanfaatkan visualitas ini untuk membangun brand kamu. 



Strategi Membangun brand kuliner di instagram

Ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan dalam membangun brand kamu di instagram. Kamu bisa mencoba strategi ini di akun bisnis kulinermu. Apa saja strategi membangun brand kuliner di instagram? Simak penjelasannya di bawah ini.


Menentukan identitas brand

Hal yang paling fundamental yang harus kamu lakukan kala ingin membangun brand adalah menentukan identitasnya terlebih dahulu. Langkah kedepannya akan bergantung pada langkah yang kamu buat di sini. Jadi bagaimana kamu akan membangun identitas brand mu? Apa yang unik dari brand kamu? Kesan apa yang ingin kamu tinggalkan di benak konsumen saat merasakan brand kamu? Nah ini mengenai internal brandnya.


Adapun jika disandingkan dengan konteks instagramnya, kamu harus menentukan pula identitas ‘visual’ brand kamu. Gaya apa yang akan kamu gunakan di postinganmu? Apakah disertai dengan model-model misterius atau penuh warna yang membawa kesan ceria? Setelah kamu menentukan itu, kamu dapat menyesuaikan dengan hal-hal lain yang akan membangun ciri khas brand kamu.


Menciptakan konten menarik

Nah menciptakan konten menarik dalam membangun brand kuliner di Instagram adalah kepanjangan dari proses menentukan identitas brand kamu. Misalnya begini, kamu menetapkan bahwa produk kuliner kamu akan menggunakan visualisasi yang membawa kesan ceria, dengan basis pada pewarnaan berbagai macam rupa. Buatlah konten menarik berkualitas pada hal tersebut.


Konten ini bisa berupa promosi, hiburan atau edukasi. Loh kok ada hiburan dan edukasinya? Iya guys, pastikan di akun bisnismu, kamu juga mengunggah konten edukasi atau hiburan. Ini harus agar follower tidak meninggalkan akunmu. Kamu juga sebagai follower akan malas bukan jika harus melihat konten promosi di suatu akun secara terus menerus. Bosan. 


Berkolaborasi dengan influencer dan komunitas kuliner

Berkolaborasi dengan influencer dan komunitas kuliner dapat membantu kamu untuk membangun brand kuliner di instagram. Hal ini perlu kamu manfaatkan dengan baik.


Coba deh, pilih-pilih komunitas yang sekiranya baik untuk perkembangan bisnis. Awalnya kamu bisa mendapat perkembangan-perkembangan baru mengenai dunia kuliner. Brandingan dari produk kulinermu juga akan menguat dengan kolaborasi ini, apalagi dengan komunitas dengan style yang sama.


Kamu juga harus mengumpulkan influencer yang kiranya memiliki pengikut banyak. Kamu bisa bekerja sama dengan dia memasarkan produkmu, tentu dengan ciri khas dia dan ciri khas produkmu yang bersanding. Lebih baik jika terdapat suatu relevansi antara kamu dan influencer yang akan kamu ajak kerjasama.


Melakukan Interaksi kepada Follower

Interaksi terhadap followers adalah hal yang penting untuk kamu lakukan. Ini merupakan salah satu dari strategi membangun brand kuliner di Instagram Jadi jangan asal mengunggah konten, pastikan kamu membalas komenan mereka. Hal ini akan membuat hubungan antara kamu dan follower semakin erat. Follower juga akan semakin tertarik dengan produkmu berkat eratnya interaksi ini.

Jangan abaikan begitu saja komenan dari follower, sebisa mungkin balaslah dengan komentar yang positif. Jangan biarkan begitu saja.


Membangun Hubungan dengan Pelanggan melalui Direct Messages

Fitur Direct Messages di Instagram dapat digunakan untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Jika ada pengikut yang mengirim pesan langsung kepada kamu, berikan tanggapan yang cepat dan ramah. Jangan ragu untuk berinteraksi secara pribadi dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Dengan adanya hubungan antara kamu dan pelanggan, akan lebih mudah bagi kamu untuk menerapkan strategi membangun brand kuliner di Instagram lainnya.

Menggunakan fitur shopping di instagram

Guys jangan lupa bahwa tujuan utama kamu adalah berjualan, walaupun kamu telah berhasil membangun brandmu menjadi brand yang terkenal baik dan berkualitas, percuma juga kalau kamu tidak jual bukan? Kapan closingnya? Oleh karenanya, manfaatkan berbagai fitur di instagram untuk meningkatkan penjualanmu.


Sebagaimana yang kita ketahui bersama, instagram bukan hanya sosial media yang menawarkan interaksi antar pengguna tanpa profit. Mereka juga menawarkan fitur perdagangan yang akan memudahkan para pengusaha mencari konsumen. Nah ini yang harus kamu manfaatkan dengan baik. 


Mengadakan Kontes dan Giveaway untuk Meningkatkan Awareness

Kontes dan giveaway adalah cara yang efektif untuk meningkatkan awareness dan mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram. Ajak pengikut kamu untuk berpartisipasi dalam kontes dengan syarat tertentu, misalnya mengunggah foto menggunakan produk kamu dengan hashtag tertentu. Berikan hadiah menarik untuk menarik minat pengikut baru dan mendorong partisipasi. Terbilang bakar uang memang, tapi memang hal ini merupakan strategi membangun brand kuliner di Instagram yang efektif


Mengukur dan Menganalisis Kinerja Brand di Instagram

Penting untuk terus mengukur dan menganalisis kinerja brand kamu di Instagram. Gunakan alat analitik Instagram untuk melihat seberapa baik konten kamu performa dan bagaimana respon pengikut terhadapnya. Dengan melacak dan menganalisis data ini, kamu dapat mengidentifikasi apa yang bekerja dengan baik dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan strategi pemasaran kamu.


Penutup

Membangun brand kuliner yang sukses di Instagram membutuhkan strategi yang efektif dan konsistensi dalam konten dan interaksi dengan pengikut. Gunakan identitas dan nilai brand kamu sebagai panduan dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan sebagai strategi membangun brand kuliner di Instagram. Manfaatkan fitur-fitur kreatif Instagram, kolaborasi dengan influencer dan komunitas kuliner, serta memanfaatkan analytics untuk mengukur kinerja kamu. Dengan strategi yang tepat, kamu dapat membangun brand kuliner yang kuat dan meningkatkan kehadiran dan penjualan kamu di Instagram. Demikian tulisan mengenai strategi membangun brand kuliner di instagram, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Strategi Membangun Brand Kuliner di Instagram"