Tips Memasarkan Makanan Ringan
Tips Memasarkan Makanan Ringan - Bisnis makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang terbilang menjamur. Banyak diantara pelaku UMKM yang berbisnis dengan produk makanan ringan ini. Bagaimana tidak, memang karena pasarnya menjanjikan. Masyarakat akan selalu membutuhkan makanan ringan, entah untuk mereka makanan atau sekedar mereka sajikan di ruang tamu.
Nah karena pelaku bisnis makanan ringan ini terbilang banyak, kamu sebagai salah satu pelaku usahanya tentu harus bersaing dengan mereka. Sebagai pengusaha tentu hal yang kamu pikirkan adalah bagaimana mendapat untung dari makanan ringan ini. Oleh karena itu, di persaingan besar ini, kamu kiranya membutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran. Simak tips memasarkan makanan ringan agar kamu paham strateginya!
Tips Memasarkan Makanan Ringan
Ada beberapa tips dalam memasarkan makanan ringan kepada calon konsumen, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut
Memahami pasar makanan ringan
Sebelum jauh melangkah, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah paham mengenai pasar makanan ringanmu. Hal ini sebenarnya merupakan strategi saat memulai bisnis. Kamu harus menentukan, kira-kira makanan ringanmu akan kamu pasarkan kepada siapa? Dengan penentuan target yang jelas, kamu akan lebih mudah memasarkan makanan ringanmu kedepannya.
Ada beberapa cara agar kamu dapat memahami bagaimana karakteristik pasar makanan ringan, yaitu:
Identifikasi audiens: Maksudnya menjaring atau mengerucutkan konsumen mana yang akan kamu tuju. Pemuda kah, anak-anak kah, atau orang tua? Dengan mengerucutkan target, kamu dapat lebih mudah memahami karakter audiensmu.
Misalnya, kamu menargetkan makanan ringanmu ini untuk pemuda. Maka seharusnya kamu mencari tahu lebih banyak, apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pemuda? Bisakah produk makanan ringanmu cocok untuk lidah mereka? Jika tidak cocok haruskah kamu rubah produkmu atau memaksa mereka untuk mencocokkan diri? Tentu jawabannya yang pertama.
Analisa kompetitor
Hal yang kemudian harus kamu lakukan ketika dalam pasar makanan ringan adalah menganalisa kompetitor. Hal ini termasuk ke dalam hal terpenting dalam tips memasarkan makanan ringan. Carilah tahu mengenai kompetitor, apa yang membuat bisnis makanan ringan mereka mendapat omset besar? Di mana letak kelemahan mereka? Strategi apa yang mereka lakukan ketika omset sedang jatuh-jatuhnya?
Semua hal tersebut harus kamu pahami, setidaknya kamu ketahui. Jadikan mereka referensi dan kembangkan idemu dalam mengaplikasikannya. Bukan tidak mungkin dengan menerapkan konsep mereka lalu aplikasikan dengan tambahan idemu, omset yang kamu dapatkan setara dengan mereka atau bahkan melampauinya.
Biasanya kamu akan mendapati hal tersebut dalam forum komunikasi antar pebisnis. Dalam konteks ini adalah bisnis makanan ringan. Bergabunglah dengan mereka dan gali lebih dalam mengenai tips memasarkan makanan ringan. Kamu dapat mencarinya di berbagai platform sosial media.
Analisa tren pasar
Harus kita pahami bahwasanya dunia segarang bergerak dengan sangat cepat, kecepatan perkembangan dunia ini berimplikasi pada cepat pula tren bergeser. Jadi kamu harus siap dengan pergeseran tren yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, apalagi kamu bergerak di bidang makanan.
Sebagai contoh, 1 tahun yang lalu, makanan ringan yang sedang nge-tren di kalangan pemuda adalah cireng, maka produk yang paling mungkin kamu buat saat itu adalah cireng. Namun di tahun ini, tren telah berganti. Pemuda lebih suka tteokbokki karena pengaruh korea. Kamu harus siap dengan pergeseran tren pasar ini. Analisislah dengan matang.
Tren pasar juga kadang tidak hanya pada produk makanan, namun isi dari makanan itu. Misalnya, tren masyarakat yang suka makanan ringan sehat yang rendah kalori atau organik. Kamu harus siap beradaptasi akan hal ini. Jangan lewatkan salah satu tips memasarkan makanan ringan ini karena memang sangat penting.
Membangun strategi pemasaran makanan ringan yang efektif
Tips memasarkan makanan ringan lainnya adalah membangun strategi yang efektif. Pemasaran pada dasarnya adalah mengenalkan produk anda kepada calon konsumen, ketika mereka lebih mengenal, maka mudah bagi mereka untuk membeli.
Nah banyak jenis strategi pemasaran. Mulai dari teknik pemasaran di media konvensional seperti tv atau pemasaran di kertas selebaran. Tentu cara penerapannya beda-beda tiap jenisnya dan harganya pun berbeda. Dari banyaknya cara pemasaran ini, kiranya kamu harus mencar tips memasarkan makanan ringan yang paling efektif, agar tenaga dan biaya yang kamu keluarkan tidak begitu besar, namun omset yang datang kepadamu itu besar.
Berikut beberapa tips memasarkan makanan ringan yang efektif, kamu bisa terapkan di bisnis makanan ringan mu.
Melakukan promosi lokal, maksudnya adalah bekerja sama dengan toko-toko yang ada di sekelilingmu. Kamu dapat menawarkan produk makanan ringanmu ke toko atau restoran mereka. Buatlah penawaran semenarik mungkin semisal bagi hasil atau yang lain agar pihak toko berkenan menjual kembali produk makanan ringanmu.
Manfaatkan pemasaran di media sosial, maksudnya kamu mempromosikan kontenmu di media sosial. Menyadari bahwasanya media sosial sangat mudah untuk kamu gunakan, hal ini bisa menjadikan pemasaran di media sosial efektif kamu lakukan. Pemasaran di media sosial tidak membutuhkan biaya yang besar dan tenaga yang banyak. Pada dasarnya kamu hanya membutuhkan kuota dan strategi jitu.
Memanfaatkan produksi konten, maksudnya adalah kamu mengunggah konten bermanfaat di akun media sosialmu. Buatlah konten yang menarik agar kamu mendapat perhatian banyak orang dan menambah pengikut di akunmu. Banyaknya pengikut akan berbanding lurus dengan banyaknya nilai penjualan kedepannya.
Namun jika memang pengikutmu hanya ingin mencari manfaat dari kontenmu saja tanpa ingin membeli produkmu, jangan khawatir. Ada sisi positif yang kamu dapat dari hal ini. Akun tokomu akan terkesan lebih profesional, membuat konsumen baru akan menjadi tertarik membeli makanan di ringan di tempatmu.
Manfaatkan iklan online, maksudnya menggunakan fasilitas promosi online agar produkmu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satu penerapan dari hal ini adalah menggunakan Google Ads. Optimalkanlah penggunaan Google Ads agar produk itu bisa terpromosikan secara optimal.
Kolaborasi dengan influencer, maksudnya kamu bekerja sama dengan influencer untuk mengenalkan produkmu ke pasar yang lebih luas. Pilihlah influencer dengan bidang yang sama dengan bidang usahamu, jangan lupakan bahwa bagian terpenting dari menentukan influencer adalah dengan melihat jumlah follower mereka.
Memang beberapa influencer mematok harga yang tinggi untuk bekerja sama. Namun jika kamu bandingkan dengan media konvensional, tentu harga kolaborasi dengan influencer ini terbilang terjangkau. Banyak manfaat yang kamu dapat dari kolaborasi ini, dan yang utama adalah produkmu dikenal oleh masyarakat luas.
Kesimpulan
Demikian artikel mengenai tips memasarkan makanan ringan. Jadikanlah beberapa hal di atas sebagai referensi dalam memasarkan makanan ringanmu di pasaran. Jadwalkanlah evaluasi agar kamu dapat me-review kinerjamu, apa saja hal yang harus kamu tingkatkan, apa saja yang kurang, atau apa saja yang terlewat. Semoga dengan menerapkan tips memasarkan makanan ringan, pasar yang luas akan mengenal produkmu.
Jika anda ingin memulai bisnis makanan ringan, kami merekomendasikan satu produsen makanan ringan yang terpercaya. produk yang tersedia diantaranya adalah keripik basreng, keripik molring, keripik usus, dan lain sebagainya. untuk informasi yang lebih lengkap, anda dapat mengunjungi website berikut toko bangbana
Posting Komentar untuk " Tips Memasarkan Makanan Ringan"